Cara Cepat Belajar Microsoft Office dengan Mudah

50 PTS yang Berperan dalam Membangun Bangsa di Era Digital



50 PTS yang Berperan dalam Membangun Bangsa di Era Digital

50 PTS yang Berperan dalam Membangun Bangsa di Era Digital

Para Peserta BIMTEK KEHUMASAN Kopertis Wilayah IV Tahun 2017
(Foto By: Group Kehumasan)

Oleh :

M. Faizhal Mustofa, ST.
UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA

Bandung, 11 – 13 September 2017. KemenristekDikti Mengadakan Bimbingan Teknis Kehumasan Bagi Tenaga Administrasi Perguruan Tinggi Swasta dan di selenggarakan di Gedung diklat Kopertis Wilayah IV di Jl. Raya Jatinangor KM.20 Bandung Jawa Barat.
50 PTS di lingkungan Kopertis Wilayah IV yang terdiri dari beragam Perguruan Tinggi Swasta diantaranya : STIE, STIKES, AKADEMI dan UNIVERSITAS, yang di hadiri oleh beberapa Kota seperti Cianjur, Bandung, Sumedang, Bekasi, Tangerang, Garut dan Banten. Dan juga dihadiri oleh Narasumber - narasumber Hebat yang diantaranya ada Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd yang sekarang menjabat sebagai Koordinator Kopertis Wilayah IV, Dr. Subahi Idris, MM., Sebagai Sekertaris Koordinator Kopertis Wilayah IV, Ibu Dian Anggraeni Umar dari (KOMINFO), Prof. Dr. Atie Rachmawatie, M.Si. (Ketua LPPM UNISBA), Dr. Deni Darmawan (Humas UPI), dan Terakhir Dr. Rudiyanto.
dan masing - masing narasumber memaparkan materi yang berbeda2 dan sangat menginsfirasi mengajak para Humas dari masing-masing PTS untuk menggunakan sarana Digital di zaman sekarang yang semuanya sudah serba Teknologi. Kiat - kiat untuk memajukan Pendidikan Tinggi masing-masing dan Khususnya Mencerdaskan Bangsa Indonesia yang sudah mulai dipermudah dengan adanya teknologi ini.

Jangan disesali jangan dijadikan hambatan karna teknologi sekarang bisa dengan mudah dipelajari dan dirasakan manfaatnya oleh semua pihak, anak-anak, remaja, dan dewasa bahkan orang tua.
Jadi Peran humas sekarang sudah sangat fleksible, bisa melaksanakan tugasnya dimanapun mereka berada.
dalam Bimbingan Teknis Kali ini Peserta diwajibkan untuk saling kenal satu sama lain dan bisa lebih jauh bahkan seperti keranah MOU. dan alhamdulilah ada beberapa yang sudah bersepakat melakukan MOU antar PTS sepulangnya dari acara ini.

para Humas dituntut untuk Aktif, Creative, Inovative dan Cerdas. dimana memajukan PTS Itu tidak harus semuanya menggunakan Uang, Contohnya kita sekarang sudah bisa menggunakan akses internet dan memanfaatkan sosial media seperti FB, Twitter, Youtube, dan Blog, yang memang semuanya disediakan dengan gratis. Tinggal bagaimana kita mengemas kampus kita tercinta menjadi PTS yang Unggul, Bercitra baik, dan mendapatkan persepsi yang Positif dari Masyarakat pastinya.
semua itu di bahas dan diberikan trik dan tips nya agar bisa meperkenalkan di BIMTEK Kehumasan kali ini agar bisa memperkenalkan Kampusnya masing-masing dengan efektif.
bicara efektif dizaman sekarang yang semuanya sudah serba Teknologi, Koran, Majalah dan Brosur sudah bukan hal yang diutamakan dalam segi promosi, Tapi semua hal yang berkaitan dengan Kampus Sudah Kita Upload Lewat Dunia Maya Seperti Website, Televisi Digital, dan Iklan di Media Online.

kenapa harus online, karna hal positif dan negative lebih cepat terserap masyarakat lewat media online dibandingkan kita memakai metode lama yang dor to dor ataupun lewat brosur dan koran. karna kita tenaga humas dituntut untuk memelihara dan menciptakan Citra Positif bagi Institusi.
dan yang harus Humas siapkan adalah Perencanaan, Tim, Implementasi dan Evaluasi. Kita harus mampu menyadap apa yang masyarakat inginkan karna kita adalah Mata dan Telinganya Institusi, Humas harus pintar ataupun berpura-pura pintar didepan masyarakat agar kita dipercaya dan masyarakat tidak kecewa, dari situ kita bisa mengangkat Citra Institusi menjadi Positif lewat kepintaran orang - orang Humas.
Siapa yang bisa jadi orang Humas?
Pastinya orang-orang yang mempunya kreatifitas lebih, Cerdas, dan Pastinya sosok yang bisa dipercaya masyarakat.
Apa yang harus diangkat kepublik agar Citra Institusi Menjadi Baik?
Semua serba Digital, Prestasi Kampus harus diangkat ke Publik, Prestasi Mahasiswa Masyarakat Hrus Tau, dan Memampang Akreditasi Bahwa Kita diakui dan Baik bahwa putra putri mereka layak masuk dikampus kami.
Bagaimana Jika kami tidak pintar ingin masuk ke PTS Bapak/ Ibu?
"Biarkan Anda Tidak Pintar, Itu Tanggung Jawab Kami Untuk Membuat Anda Pintar"(Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd.).
dan disini kita diajarkan untuk bisa mempengaruhi masyarakat tentang profil dan fasilitas kampus yang kita miliki agar masyarakat percaya terhadap Institusi Kami. dan diajarkan untuk tidak menyerah dan berpikiran bahwa "Emas menjadi Emas itu sudah Biasa, Tapi Sampah menjadi Emas Itu Luar Biasa"(Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd.). Jadi bagaimanapun bentuk mahasiwa dan mahasiwinya tetap kita harus mengajari mereka agar bisa menjadi sosok orang yang Hebat di Masyarakat dengan Begitu Citra Institusi akan Baik Pula di Masyarakat dan akan memiliki Persepsi atau pandangan Positif dari Masyarakat.
Humas memegang peran Penting Terhadap Institusi jadi apapun yang Humas rencanakan pasti itu untuk Citra Positif bagi Institusi, jadi Humas harus sejalan dengan Pimpinan agar semua berjalan dengan lancar.

karna Setiap Institusi Harus Memiliki Brand Image yang menjadi cirihas Institusi entah itu dari segi Prodi, Profil Institusi maupun Budaya yang ada pada Institusi agar bisa diangkat ke publik dan semuanya harus serba transparan agar masyarakat tidak terbodohi dan tidak berpendapat bahwa itu Fake Image, dan ujung-ujungnya membuat masyarakat kecewa dan tidak percaya lagi kepada Insitusi.
Bimbingan Teknis ini sangat penting karna semua hal diajarkan dan tinggal dipraktekan dengan benar agar tidak salah persepsi sehingga menimbulkan opini - opini publik yang Negative yang bisa merusak Citra Institusi. yang Intinya Humas harus menjadi Otak Institusi dalam Membangun Citra Positif Institusi di Era Digital ini.

Related : 50 PTS yang Berperan dalam Membangun Bangsa di Era Digital